PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MODUL 1 : HAKIKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KB 1 : Pengertian dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas
Nama Mahasiswa :
PERMATA LESTARY
NIM :
850097952
Kode Mata Kuliah :
IDIK4008
Pokjar :
Lima Kaum
Masa Registrasi :
2018.2
LATIHAN
1. Rumuskan pengertian penelitian
tindakan kelas dengan kata-kata Anda sendiri, kemudian bandingkan pengertian
tersebut dengan pengertian yang dicantumkan dalam kegiatan belajar ini! Apakah
ada perbedaan yang mendasar antara keduanya? Jika ya, apa artinya ini?
Jawab :
è Menurut saya Penelitian Tindakan
Kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru yang bersumber dari masalah
yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran, baik itu dari guru maupun dari
siswa dikelas tersebut, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dan
meningkatkan hasil belajar siswa
è Dalam kegiatan belajar ini,
Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru
dikelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki
kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat.
è Tidak ada perbedaan mendasar antara
keduanya, karena dilatar belakangi oleh sebab yang sama dengan tujuan yang sama
pula.
2. Coba identifikasi masalah yang sering
Anda hadapi dalam mengelola pembelajaran. Diskusikan dengan teman-teman Anda,
bagaimana cara yang terbaik untuk memecahkan masalah tersebut, kemudian
lakukanlah analisis apakah cara yang Anda temukan tersebut dapat disebut
sebagai penelitian tindakan kelas. Berikan alasan, mengapa kelompok anda
berpendapat seperti itu.
Jawab
:
è Saya mengalami kesulitan dalam
pembelajaran IPA tentang bagian-bagian tumbuhan pada kelas II. Saya sudah
mencoba menjelaskan secara detail tentang bagian-bagian tumbuhan, mulai dari
akar, batang, daun, buah, dan bunga. Tapi pada saat test kemampuan siswa,
perolehan nilai sangat jauh dari yang saya harapkan, terutama pada
bagian-bagian bunga.
è Setelah didiskusikan dengan teman
sejawat, mungkin saya perlu menggunakan media dalam mengajar, akan siswa tidak
menerawang, dan paham dengan pembelajaran yang berlangsung.
è Menurut saya, cara yang akan
dilakukan (menggunakan media) dapat disebut dengan PTK. Karena penelitian yang
akan dilakukan bermula dari kerisauan saya sebagai guru dengan kinerja atau
hasil belajar siswa saya, lalu saya mencoba menggunakan satu metode yang
bertujuan untuk meningkatkan kinerja saya sebagai guru dan meningkatkan hasil
belajar siswa.
3. Melakukan refleksi berarti
memantulkan kembali pengalaman yang sudah Anda jalani, sehingga Anda dapat
melihat kembali apa yang sudah terjadi. Menurut Anda, apa guna seorang guru
melakukan refleksi? Pernahkan anda melakukannya?
Jawab
:
è Menurut saya guru melakukan refleksi
agar dapat melihat kembali kekurangan dan kekuatan dirinya sendiri sebagai guru
dalam pembelajaran, sehingga kedepannya dapat lebih baik lagi.
è Saya pernah beberapa kali melakukan
refleksi diri, tapi hanya sebatas memikirkan dan menimbang, tanpa membuat
sebuah penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
4. Diantara karakteristik PTK yang telah
diuraikan dalam kegiatan belajar ini, yang mana menurut Anda yang paling
penting, yang benar-benar membedakannya dari penelitian formal? Berikan alasan
atas jawaban Anda!
Jawab
:
è Menurut saya, karakteristik PTK yang paling penting dan benar benar
membedakannya dari penelitian formal adalah self-reflective inquiry. Karena
karakteristik ini benar-benar kebutuhan atau cerminan dari peneliti sendiri,
dalam hal ini adalah guru. Self-reflective inquiry tidak ditemukan dalam
penelitian formal, karna subjek utama penelitian formal adalah sampel tertentu.
Metodo yang digunakanpun juga agak longgar, namun data dikumpulkan secara
sistematik, sesuai dengan kaidah-kaidah yang dibuat.
5. Cobalah cari dua atau tiga hasil
penelitian pendidikan. Baca hasil penelitian tersebut secara cermat, kemudian
diskusikan dalam kelompok karakteristik dari penelitian tersebut dengan
menggunakan Tabel 1.2 sebagai acuan.
è
No
|
Dimensi
|
PTK
|
Penelitian
Formal
|
1
|
Motivasi
|
Tindakan
|
Kebenaran
|
2
|
Sumber
Masalah
|
Diagnosis
status
|
Induktif
– deduktif
|
3
|
Tujuan
|
Memperbaiki
praktik, sekarang dan disini
|
Verifikasi
& menemukan pengetahuan yang dapat digeneralisasikan
|
4
|
Peneliti
yang terlibat
|
Pelaku
dari dalam (guru)
|
Orang
luar yang berminat
|
5
|
Sampel
|
Kasus
khusus
|
Sampel
yang representatif
|
6
|
Metodologi
|
Longgar
tapi berusaha objektif-jujur-tidak memihak (impartiality)
|
Baku
dengan objektivitas dan ketidakmemihakan yang terintegrasi
|
7
|
Penafsiran
hasil penelitian
|
Untuk
memahami praktik melalui refleksi oleh praktisi yang membangun
|
Mendeskripsikan,
mengabstraksi, serta menyimpulkan dan membentuk teori oleh ilmuwan
|
8
|
Hasil
Akhir
|
Siswa
belajar lebih baik (proses dan produk)
|
Pengetahuan,
prosedur, atau materi yang teruji
|
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MODUL 1 : HAKIKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KB 1 : Pengertian dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas
Nama Mahasiswa :
PERMATA LESTARY
NIM :
850097952
Kode Mata Kuliah :
IDIK4008
Pokjar :
Lima Kaum
Masa Registrasi :
2018.2
TES FORMATIF
1. Penelitian tindakan kelas merupakan
penelitian yang dilakukan didalam kelas oleh...
Jawab
:
C (Guru sebagai peneliti)
2. Tujuan penelitian tindakan kelas
adalah untuk...
Jawab
:
C (Memperbaiki kinerja guru)
3. Metode utama dalam enelitian tindakan
kelas disebut sebagai self-reflective inquiry, artinya metode yang digunakan...
Jawab
:
B (Longgar tetapi tetap mengikuti
kaidah penelitian)
4. Dalam penelitian tindakan kelas,
masalah yang diteliti berasal dari...
Jawab
:
A (Kerisauan guru akan kinerjanya)
5. Penelitian tindakan kelas berbeda
dengan penelitian kelas dalam hal...
Jawab
:
D (Asal masalah yang diteliti)
6. Penelitian tindakan kelas seyogianya
dilakukan oleh guru karena alasan-alasan berikut, kecuali...
Jawab
:
A (PTK memang untuk guru)
7. Seorang dosen LPTK membantu ibu Tini,
guru kelas III SD untuk mencari jalan keluar dari kesulitan yang dihadapinya
dalam memotivasi para siswa untuk mengerjakan PR yang diberikan. Ibu Tini
mecerikan jenis PR yang diberikan, jumlah siswa yang mengumpulkan PR, serta
kebiasaannya menyimpan PR tersebut dirumah tanpa mengembalkannya keada siswa.
Dosen LPTK medengarkan cerita Ibu Tini, dan kemudian mereka berdua merancang
cara untuk mengatasinya, dan akhirnya mereka sepakat bahwa Ibu Tini akan
mencoba cara tersebut dan memantau hasilnya. Sejak itu, hampir setiap minggu
mereka bertemu kembali untuk mengkaji hasil perbaikan tersebut. Kegiatan yang
dilakukan oleh dosen LPTK dan Bu Tini merupakan kegiatan penelitian tindakan
kelas karena...
Jawab
:
C (Masalah penelitian muncul dari
kerisauan guru)
8. Guru dianggap lebih sesuai melakukan
penelitian tindakan kelas karena alasan berikut, kecuali...
Jawab
:
B (Kelas merupakan wilayah guru)
9. Dilihat dari segi tujuan penelitian,
penelitian tindakan kelas menempatkan guru sebagai...
Jawab
:
D (Pengajar dan peneliti)
10. Sebagai pekerja profesional, guru
dianggap paling layak melakukan peneltian tindakan kelas (PTK) karena...
Jawab
:
A (PTK membantu guru berkembang
secara profesional)
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MODUL 1 : HAKIKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KB 2 : Manfaat, Keterbatasan, dan Persyaratan Penelitian Tindakan Kelas
Nama Mahasiswa :
PERMATA LESTARY
NIM :
850097952
Kode Mata Kuliah :
IDIK4008
Pokjar :
Lima Kaum
Masa Registrasi :
2018.2
LATIHAN
1. Cobalah cari informasi apakah
disekolah tempat Anda mengajar ada guru yang melakukan penelitian tindakan
kelas. Jika ya, coba kaji dampaknya bagi guru lain, bagi siswa, dan bagi
sekolah.
Jawab
:
è Selama saya berstatus honorer
disekolah tempat saya mengajar sekarang, belum ada guru yang melakukan
Penelitian tindakan kelas.
2. Coba observasi dan diskusikan dengan
teman-teman, apa perbedaan antara guru yang berkembang secara profesional
dengan guru-guru yang hampir tidak berkembang kecuali jumlah tahun mengajarnya!
Jawab
:
è Menurut saya, guru yang profesional
adalah guru yang mempunyai kemampuan mengajar baik, dapat mengkondisikan kelas
dengan baik, serta memahami hakikat sebagai seorang guru dan memiliki 4
kompetensi guru (kompetensi pedagogik, kompetesi kepribadian, kompetensi
sosial, dan kopetensi profesional), serta selalu terbuka dengan hal baru demi
lebih baiknya pembelajaran dimasa yang akan datang.
è Sedangkan guru yang hampir tidak
berkembang kecuali jumlah tahun mengajarnya adalah guru yang melakukan tugas
mengajarnya hanya untuk menjalankan tugas. Hanya mengajar, dan tertutup dengan
perkembangan pendidikan, serta tidak ada keingin berinovasi untuk lebih baik
kedepannya.
3. Coba cari contoh sekolah yang
dianggap maju disekitar Anda! Cari informasi lebih lanjut tentang kemampuan dan
kegiatan guru, kegiatan dan hasil belajar siswa, serta sumbangan sekolah
tersebut bagi sekolah-sekolah disekitarnya. Kesimpulan apa yang dapat Anda
ambil dari informasi tersebut?
Jawab
:
è Kesimpulan yang saya dapat adalah,
saat disuatu sekolah terjadi keseimbangan antara kemampuan guru dan minat
belajar siswa, maka perolehan hasil belajar akan sangat memuaskan. Karena saya
perhatikan sebuah sekolah yang dianggap maju disekitar saya, gurunya selalu
melakukan inovasi cara mengajar, penggunaan media dalam pembelajaran, sehingga
siswa bersemangat untuk belajar, yang berujung dengan baiknya perolehan hasil belajar
siswa.
è Sumbangan sekolah tersebut bagi
sekolah sekitarnya adalah berbagi ilmu cara mengajar, cara mengolah soal, cara
menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran, melalui KKG guru
kelas.
4. Ditinjau dari persyaratan/kondisi
yang harus dipenuhi dalam PTK, cobalah analisis kondisi disekolah Anda. Apakah
sekolah Anda berpotensi untuk melakukan PTK? Beri alasan!
Jawab
:
è Sangat berpotensi. Karena setelah
saya perhatikan, banyak masalah pembelajaran yang sekiranya dapat dijadikan PTK
untuk lebih baiknya sekolah ini kedepannya.
5. Disamping manfaat, PTK juga mempunyai
keterbatasan. Menurut Anda, apa dampak keterbatasan tersebut bagi hasil PTK?
Mengapa Anda berpendapat seperti itu?
Jawab
:
è Ada 2 keterbatasan PTK, yaitu :
Validasi dan Generalisasi. Menurut saya kedua keterbatasan PTK tersebut tidak
berdampak bagi hasil PTK karena masalah yang diteliti adalah masalah yang
sedang berlangsung, dan hasilnya juga dapat langsung dirasakan oleh siswa
(meningkatnya hasil belajar, dan oleh guru (meningkatnya kinerja), serta bagi
sekolah.
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MODUL 1 : HAKIKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KB 2 : Manfaat, Keterbatasan, dan Persyaratan Penelitian Tindakan Kelas
Nama Mahasiswa :
PERMATA LESTARY
NIM :
850097952
Kode Mata Kuliah :
IDIK4008
Pokjar :
Lima Kaum
Masa Registrasi :
2018.2
TES FORMATIF
1. Dikaitkan dengan tanggung jawab guru
terhadap pembelajaran, PTK dapat membantu guru untuk...
Jawab
:
B (Memperbaiki pembelajaran)
2. Ibu Siti terbiasa menganalisis
pekerjaan siswanya untuk menemukan kesulitan yang ditemukan siswa dalam
pelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil analisis tersebut, Ibu Siti juga mencoba
menemukan kekuatan dan kelemahannya dalam mengajar. Jika dia menemukan kelemahan,
segera dia mencoba mencari jalan untuk mengatasi kelemahan tersebut.
Langkah-langkah yang dilakukan Ibu Siti dapat dikategorikan sebagai langkah
awal dalam...
Jawab
:
A (Perkembangan Profesional)
3. Berikut ini adalah manfaat PTK bagi
guru, kecuali...
Jawab
:
C (Memungkinkan guru mengembangkan
karir)
4. Sekolah yang maju membawa dampak bagi
kemajuan para gru, demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu, jika di suatu
sekolah para guru terlatih melakukan PTK, sekolah akan berpotesi untuk...
Jawab
:
D (Menghasilkan berbagai teknik
pembelajaran)
5. Ibu Ita, seorang guru IPS
berpenampilan sangat energik. Ia sedang melakukan PTK dengan bantuan seorang
dosen LPTK. Hampir setiap hari dia sibuk untuk menganalisis hasil pekerjaan
siswanya dan mencoba memberi komentar yang dapat mendorong siswa untuk bekerja
lebih giat. Para siswa ternyata sangat antusias terhadap usaha Ibu Ita. Karena
para siswa merasa bahwa pekerjaannya diperiksa dengan cermat, siswa pun membuat
perkerjaannya dengan cermat pula. Siswa merasa bahwa ia selalu harus bekerja
cermat sebagaimana Ibu Ita memeriksa pekerjaannya dengan cermat pula. Ilustrasi
diatas menggambarkan manfaat PTK bagi siswa, dalam hal...
Jawab
:
A (Perilaku guru ysng melaksanakan
PTK menjadi model bagi siswa)
6. Guru yang terampil melaksanakan PTK
akan merasa lebih percaya diri. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, antara
lain sebagai berikut, kecuali...
Jawa :
A (Munculya perasaan lebih mampu
dibanding teman sejawat yang lain)
7. Keterbatasan PTK terutama terletak
pada...
Jawab
:
B (Validitas)
8. Hasil PTK tidak mempunyai daya
generalisasi karena...
Jawab
:
A (Sampel terbatas pada kelas yang
diajar)
9. Agar PTK dapat diterapkan secara
melembaga diperlukan berbagai kondisi atau persyaratan. Kondisi tersebut antara
lain sebagai berikut, kecuali...
Jawab
:
B (Birokrasi yang ketat)
10. Kemampuan guru untuk melakukan PTK
haruslah didukung oleh iklim sekolah yang memberi kebebasan kepada guru
untuk...
Jawab
:
A (Berdiskusi, berkolaborasi, dan
meminta bantuan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar