Senin, 05 November 2018

MODUL 1 PTK


PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MODUL 1 : HAKIKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KB 1 : Pengertian dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas

Nama Mahasiswa        : PERMATA LESTARY
NIM                             : 850097952
Kode Mata Kuliah       : IDIK4008
Pokjar                          : Lima Kaum
Masa Registrasi          : 2018.2

LATIHAN
1. Rumuskan pengertian penelitian tindakan kelas dengan kata-kata Anda sendiri, kemudian bandingkan pengertian tersebut dengan pengertian yang dicantumkan dalam kegiatan belajar ini! Apakah ada perbedaan yang mendasar antara keduanya? Jika ya, apa artinya ini?
Jawab :
è Menurut saya Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru yang bersumber dari masalah yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran, baik itu dari guru maupun dari siswa dikelas tersebut, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dan meningkatkan hasil belajar siswa
è Dalam kegiatan belajar ini, Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat.
è Tidak ada perbedaan mendasar antara keduanya, karena dilatar belakangi oleh sebab yang sama dengan tujuan yang sama pula.


2.      Coba identifikasi masalah yang sering Anda hadapi dalam mengelola pembelajaran. Diskusikan dengan teman-teman Anda, bagaimana cara yang terbaik untuk memecahkan masalah tersebut, kemudian lakukanlah analisis apakah cara yang Anda temukan tersebut dapat disebut sebagai penelitian tindakan kelas. Berikan alasan, mengapa kelompok anda berpendapat seperti itu.
Jawab :
è Saya mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPA tentang bagian-bagian tumbuhan pada kelas II. Saya sudah mencoba menjelaskan secara detail tentang bagian-bagian tumbuhan, mulai dari akar, batang, daun, buah, dan bunga. Tapi pada saat test kemampuan siswa, perolehan nilai sangat jauh dari yang saya harapkan, terutama pada bagian-bagian bunga.
è Setelah didiskusikan dengan teman sejawat, mungkin saya perlu menggunakan media dalam mengajar, akan siswa tidak menerawang, dan paham dengan pembelajaran yang berlangsung.
è Menurut saya, cara yang akan dilakukan (menggunakan media) dapat disebut dengan PTK. Karena penelitian yang akan dilakukan bermula dari kerisauan saya sebagai guru dengan kinerja atau hasil belajar siswa saya, lalu saya mencoba menggunakan satu metode yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja saya sebagai guru dan meningkatkan hasil belajar siswa.

3.      Melakukan refleksi berarti memantulkan kembali pengalaman yang sudah Anda jalani, sehingga Anda dapat melihat kembali apa yang sudah terjadi. Menurut Anda, apa guna seorang guru melakukan refleksi? Pernahkan anda melakukannya?
Jawab :
è Menurut saya guru melakukan refleksi agar dapat melihat kembali kekurangan dan kekuatan dirinya sendiri sebagai guru dalam pembelajaran, sehingga kedepannya dapat lebih baik lagi.
è Saya pernah beberapa kali melakukan refleksi diri, tapi hanya sebatas memikirkan dan menimbang, tanpa membuat sebuah penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

4.      Diantara karakteristik PTK yang telah diuraikan dalam kegiatan belajar ini, yang mana menurut Anda yang paling penting, yang benar-benar membedakannya dari penelitian formal? Berikan alasan atas jawaban Anda!
Jawab :
è Menurut saya, karakteristik PTK  yang paling penting dan benar benar membedakannya dari penelitian formal adalah self-reflective inquiry. Karena karakteristik ini benar-benar kebutuhan atau cerminan dari peneliti sendiri, dalam hal ini adalah guru. Self-reflective inquiry tidak ditemukan dalam penelitian formal, karna subjek utama penelitian formal adalah sampel tertentu. Metodo yang digunakanpun juga agak longgar, namun data dikumpulkan secara sistematik, sesuai dengan kaidah-kaidah yang dibuat.

5.      Cobalah cari dua atau tiga hasil penelitian pendidikan. Baca hasil penelitian tersebut secara cermat, kemudian diskusikan dalam kelompok karakteristik dari penelitian tersebut dengan menggunakan Tabel 1.2 sebagai acuan.
è  
No
Dimensi
PTK
Penelitian Formal
1
Motivasi
Tindakan
Kebenaran
2
Sumber Masalah
Diagnosis status
Induktif – deduktif
3
Tujuan
Memperbaiki praktik, sekarang dan disini
Verifikasi & menemukan pengetahuan yang dapat digeneralisasikan
4
Peneliti yang terlibat
Pelaku dari dalam (guru)
Orang luar yang berminat
5
Sampel
Kasus khusus
Sampel yang representatif
6
Metodologi
Longgar tapi berusaha objektif-jujur-tidak memihak (impartiality)
Baku dengan objektivitas dan ketidakmemihakan yang terintegrasi
7
Penafsiran hasil penelitian
Untuk memahami praktik melalui refleksi oleh praktisi yang membangun
Mendeskripsikan, mengabstraksi, serta menyimpulkan dan membentuk teori oleh ilmuwan
8
Hasil Akhir
Siswa belajar lebih baik (proses dan produk)
Pengetahuan, prosedur, atau materi yang teruji




PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MODUL 1 : HAKIKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KB 1 : Pengertian dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas

Nama Mahasiswa       : PERMATA LESTARY
NIM                             : 850097952
Kode Mata Kuliah       : IDIK4008
Pokjar                          : Lima Kaum
Masa Registrasi          : 2018.2

TES FORMATIF
1.      Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang dilakukan didalam kelas oleh...
Jawab :
C (Guru sebagai peneliti)

2.      Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk...
Jawab :
C (Memperbaiki kinerja guru)

3.      Metode utama dalam enelitian tindakan kelas disebut sebagai self-reflective inquiry, artinya metode yang digunakan...
Jawab :
B (Longgar tetapi tetap mengikuti kaidah penelitian)

4.      Dalam penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari...
Jawab :
A (Kerisauan guru akan kinerjanya)

5.      Penelitian tindakan kelas berbeda dengan penelitian kelas dalam hal...
Jawab :
D (Asal masalah yang diteliti)

6.      Penelitian tindakan kelas seyogianya dilakukan oleh guru karena alasan-alasan berikut, kecuali...
Jawab :
A (PTK memang untuk guru)

7.      Seorang dosen LPTK membantu ibu Tini, guru kelas III SD untuk mencari jalan keluar dari kesulitan yang dihadapinya dalam memotivasi para siswa untuk mengerjakan PR yang diberikan. Ibu Tini mecerikan jenis PR yang diberikan, jumlah siswa yang mengumpulkan PR, serta kebiasaannya menyimpan PR tersebut dirumah tanpa mengembalkannya keada siswa. Dosen LPTK medengarkan cerita Ibu Tini, dan kemudian mereka berdua merancang cara untuk mengatasinya, dan akhirnya mereka sepakat bahwa Ibu Tini akan mencoba cara tersebut dan memantau hasilnya. Sejak itu, hampir setiap minggu mereka bertemu kembali untuk mengkaji hasil perbaikan tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh dosen LPTK dan Bu Tini merupakan kegiatan penelitian tindakan kelas karena...
Jawab :
C (Masalah penelitian muncul dari kerisauan guru)

8.      Guru dianggap lebih sesuai melakukan penelitian tindakan kelas karena alasan berikut, kecuali...
Jawab :
B (Kelas merupakan wilayah guru)

9.      Dilihat dari segi tujuan penelitian, penelitian tindakan kelas menempatkan guru sebagai...
Jawab :
D (Pengajar dan peneliti)

10.  Sebagai pekerja profesional, guru dianggap paling layak melakukan peneltian tindakan kelas (PTK) karena...
Jawab :
A (PTK membantu guru berkembang secara profesional)



PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MODUL 1 : HAKIKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KB 2 : Manfaat, Keterbatasan, dan Persyaratan Penelitian Tindakan Kelas

Nama Mahasiswa       : PERMATA LESTARY
NIM                             : 850097952
Kode Mata Kuliah       : IDIK4008
Pokjar                          : Lima Kaum
Masa Registrasi          : 2018.2
LATIHAN
1.      Cobalah cari informasi apakah disekolah tempat Anda mengajar ada guru yang melakukan penelitian tindakan kelas. Jika ya, coba kaji dampaknya bagi guru lain, bagi siswa, dan bagi sekolah.
Jawab :
è Selama saya berstatus honorer disekolah tempat saya mengajar sekarang, belum ada guru yang melakukan Penelitian tindakan kelas.

2.      Coba observasi dan diskusikan dengan teman-teman, apa perbedaan antara guru yang berkembang secara profesional dengan guru-guru yang hampir tidak berkembang kecuali jumlah tahun mengajarnya!
Jawab :
è Menurut saya, guru yang profesional adalah guru yang mempunyai kemampuan mengajar baik, dapat mengkondisikan kelas dengan baik, serta memahami hakikat sebagai seorang guru dan memiliki 4 kompetensi guru (kompetensi pedagogik, kompetesi kepribadian, kompetensi sosial, dan kopetensi profesional), serta selalu terbuka dengan hal baru demi lebih baiknya pembelajaran dimasa yang akan datang.
è Sedangkan guru yang hampir tidak berkembang kecuali jumlah tahun mengajarnya adalah guru yang melakukan tugas mengajarnya hanya untuk menjalankan tugas. Hanya mengajar, dan tertutup dengan perkembangan pendidikan, serta tidak ada keingin berinovasi untuk lebih baik kedepannya.

3.      Coba cari contoh sekolah yang dianggap maju disekitar Anda! Cari informasi lebih lanjut tentang kemampuan dan kegiatan guru, kegiatan dan hasil belajar siswa, serta sumbangan sekolah tersebut bagi sekolah-sekolah disekitarnya. Kesimpulan apa yang dapat Anda ambil dari informasi tersebut?
Jawab :
è Kesimpulan yang saya dapat adalah, saat disuatu sekolah terjadi keseimbangan antara kemampuan guru dan minat belajar siswa, maka perolehan hasil belajar akan sangat memuaskan. Karena saya perhatikan sebuah sekolah yang dianggap maju disekitar saya, gurunya selalu melakukan inovasi cara mengajar, penggunaan media dalam pembelajaran, sehingga siswa bersemangat untuk belajar, yang berujung dengan baiknya perolehan hasil belajar siswa.
è Sumbangan sekolah tersebut bagi sekolah sekitarnya adalah berbagi ilmu cara mengajar, cara mengolah soal, cara menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran, melalui KKG guru kelas.

4.      Ditinjau dari persyaratan/kondisi yang harus dipenuhi dalam PTK, cobalah analisis kondisi disekolah Anda. Apakah sekolah Anda berpotensi untuk melakukan PTK? Beri alasan!
Jawab :
è Sangat berpotensi. Karena setelah saya perhatikan, banyak masalah pembelajaran yang sekiranya dapat dijadikan PTK untuk lebih baiknya sekolah ini kedepannya.

5.      Disamping manfaat, PTK juga mempunyai keterbatasan. Menurut Anda, apa dampak keterbatasan tersebut bagi hasil PTK? Mengapa Anda berpendapat seperti itu?
Jawab :
è Ada 2 keterbatasan PTK, yaitu : Validasi dan Generalisasi. Menurut saya kedua keterbatasan PTK tersebut tidak berdampak bagi hasil PTK karena masalah yang diteliti adalah masalah yang sedang berlangsung, dan hasilnya juga dapat langsung dirasakan oleh siswa (meningkatnya hasil belajar, dan oleh guru (meningkatnya kinerja), serta bagi sekolah.



PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MODUL 1 : HAKIKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KB 2 : Manfaat, Keterbatasan, dan Persyaratan Penelitian Tindakan Kelas

Nama Mahasiswa       : PERMATA LESTARY
NIM                             : 850097952
Kode Mata Kuliah       : IDIK4008
Pokjar                          : Lima Kaum
Masa Registrasi          : 2018.2
TES FORMATIF
1.      Dikaitkan dengan tanggung jawab guru terhadap pembelajaran, PTK dapat membantu guru untuk...
Jawab :
B (Memperbaiki pembelajaran)

2.      Ibu Siti terbiasa menganalisis pekerjaan siswanya untuk menemukan kesulitan yang ditemukan siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil analisis tersebut, Ibu Siti juga mencoba menemukan kekuatan dan kelemahannya dalam mengajar. Jika dia menemukan kelemahan, segera dia mencoba mencari jalan untuk mengatasi kelemahan tersebut. Langkah-langkah yang dilakukan Ibu Siti dapat dikategorikan sebagai langkah awal dalam...
Jawab :
A (Perkembangan Profesional)

3.      Berikut ini adalah manfaat PTK bagi guru, kecuali...
Jawab :
C (Memungkinkan guru mengembangkan karir)

4.      Sekolah yang maju membawa dampak bagi kemajuan para gru, demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu, jika di suatu sekolah para guru terlatih melakukan PTK, sekolah akan berpotesi untuk...
Jawab :
D (Menghasilkan berbagai teknik pembelajaran)

5.      Ibu Ita, seorang guru IPS berpenampilan sangat energik. Ia sedang melakukan PTK dengan bantuan seorang dosen LPTK. Hampir setiap hari dia sibuk untuk menganalisis hasil pekerjaan siswanya dan mencoba memberi komentar yang dapat mendorong siswa untuk bekerja lebih giat. Para siswa ternyata sangat antusias terhadap usaha Ibu Ita. Karena para siswa merasa bahwa pekerjaannya diperiksa dengan cermat, siswa pun membuat perkerjaannya dengan cermat pula. Siswa merasa bahwa ia selalu harus bekerja cermat sebagaimana Ibu Ita memeriksa pekerjaannya dengan cermat pula. Ilustrasi diatas menggambarkan manfaat PTK bagi siswa, dalam hal...
Jawab :
A (Perilaku guru ysng melaksanakan PTK menjadi model bagi siswa)

6.      Guru yang terampil melaksanakan PTK akan merasa lebih percaya diri. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain sebagai berikut, kecuali...
Jawa :
A (Munculya perasaan lebih mampu dibanding teman sejawat yang lain)

7.      Keterbatasan PTK terutama terletak pada...
Jawab :
B (Validitas)

8.      Hasil PTK tidak mempunyai daya generalisasi karena...
Jawab :
A (Sampel terbatas pada kelas yang diajar)

9.  Agar PTK dapat diterapkan secara melembaga diperlukan berbagai kondisi atau persyaratan. Kondisi tersebut antara lain sebagai berikut, kecuali...
Jawab :
B (Birokrasi yang ketat)

10.  Kemampuan guru untuk melakukan PTK haruslah didukung oleh iklim sekolah yang memberi kebebasan kepada guru untuk...
Jawab :
A (Berdiskusi, berkolaborasi, dan meminta bantuan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL 4 PTK

PENELITIAN TINDAKAN KELAS MODUL 4 : MELAKSANAKAN PERBAIKAN DALAM PEMBELAJARAN KB 1 : PERBEDAAN PERAN GURU SEBAGAI PENGAJAR DAN PELAKSA...