Sabtu, 10 November 2018

MODUL 3 PTK


PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MODUL 3 : MERANCANG PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KB 1 : Langkah – langkah Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas

Nama Mahasiswa        : PERMATA LESTARY
NIM                            : 850097952
Kode Mata Kuliah      : IDIK4008
Pokjar                          : Lima Kaum
Masa Registrasi           : 2018.2

LATIHAN
1.      Pemasalahan Ibu Siti
a.       Analisis kasus pembelajaran di atas, kemudian temukan akar penyebab masalah yang dihadapi oleh Ibu Siti.
Jawab :
·         Apakah dalam menjelaskan materi, saya menggunakan bahasa yang cukup jelas ?
·         Apakah saat menjelaskan, saya menggunakan alat bantu ?
·         Mengapa nilai ulangan siswa kurang bagus ?
·         Apakah siswa mengerti apa yang dijelaskan  oleh guru ?
·         Apakah cara guru menerangkan kurang menarik ?
·         Mengapa siswa tidak bertanya, ketika diberi kesempatan bertanya ?

b.      berdasarkan hasil analisis pada butir a, rumuskan  masalah PTK, jika Bu Siti akan memperbaiki pembelajarannya melalui PTK
jawab :
Hasil ulangan siswa selalu rendah pada pelajaran IPA karena  siswa mengantuk dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga, cara guru menerangkan pelajaran kurang menarik. Guru tidak pernah memeriksa pemahaman siswa.

c.       kembangkan dua alternatif tindakan perbaikan untuk menjawab masalah PTK yang anda rumuskan pada butir
jawab :
§  guru menggunakan pendekatan kontekstual dalam mengajar IPA. Alasannya pendekatan mengaitkan pelajaran dengan lingkungan anak, menggunakan alat peraga, mengaktifkan, siswa, dan memberi balikan secara lansung.
§  guru menjelaskan dengan menggunakan alat peraga, meminta siswa mencari contoh dari lingkunga sekitar dan memberikan balikan dan penguatan.

2.      Kembangkan tindakan perbaikan untuk setiap rumusan masalah.
a.       Pak Diki : Bagaimana cara mengaktifkan siswa, menggunakan alat peraga dan memberikan balikan pada pekerjaan siswa, agar mampu meningkatkan perhatian dan hasil belajar siswa kelas 3 dalam pelajaran IPA ? tindakan perbaikan : Guru mulai kegiatan inti dengan peragaan IPA yang dilakukan oleh siswa bersama guru, meminta siswa memperhatikan dan mengajak siswa membahas apa yang dilihat serta memberi penguatan jika ada jawaban atau tindakan siswa yang sesuai dengan harapan guru.

b.      Pak Muhana : Bagaimana cara menerapkan langkah-langkah menulis agar dapat meningktkan keterampilan menulis siswa SMA? Tindakan perbaiakan : Guru memberi tugas menulis secara bertahap (memilih topik karangan, menulis satu paragraf pendahuluan dan seterusnya) pada setiap tahap, pekerjaan siswa diberi balikan, kesalahan umum dibahas bersama, kemudian diikuti dengan perbaikan lansung oleh siswa.

c.       Ibu Siti : Bagaimana cara menggunakan alat peraga, berkomunikasi dengan siswa, memberi balikan dan menggunakan penguatan untuk memotivasi siswa agar tertarik dengan pelajaran dengan menyapa siswa, tanya jawab sekitar keadaan siswa yang ada hubungannya dengan topik yang akan disajikan, menggunakan alat peraga ketika menjelaskan konsep/ rumus baru, meminta siswa ikut meragakan, mengadakan tanya jawab, memberi penguatan verbal dan nonverbal terhadap siswa yang memberi respons yang bermakna.
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MODUL 3 : MERANCANG PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KB 2 : Rencana dan Proposal PTK

Nama Mahasiswa        : PERMATA LESTARY
NIM                            : 850097952
Kode Mata Kuliah      : IDIK4008
Pokjar                          : Lima Kaum
Masa Registrasi           : 2018.2

LATIHAN
1.      Ibu Tuti, guru kelas 3 SD merasa risau karena nilai pelajaran IPA anak-anak hanya mencapai rata-rata kelas 5, 1 dari skala 1-10. Di samping itu, anaka-anak juga tertidur ketika pelajaran IPA karena Bu Tuti selalu meminta anak-anak membuka buku IPA dan membaca halaman tertentu. Setelah selesai membaca, anak-anak lansung diminta menjawab pertanyaan yang ada di buku paket dan kemudian diberi ulangan. Cobalah anda analisis dan rumuskan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh Ibu Tuti, kemudian kembangkan alternatif tindakan perbaiakan. Cermati alternatif tersebut, kemudian susun skenario pembelajaran yang sesuai dengan tindakan perbaiakan yang telah anda kembangkan.

2.      Mencermati alternatif
a.       Menganalisis Masalah
1)      Guru tidak menggunakan alat peraga sehingga pelajaran menjadi tidak menarik
2)      Selama menjelaskan guru tidak ada bertanya
3)      Tidak adanya penjelasan dari guru
4)      Cara guru mengajar kurang menarik

b.      Rumusan masalah
1)      Bagaimana cara menggunakan alat peraga, berkomunikasi dengan siswa, memberi balikan dan menggunakan penguatan untuk memotivasi siswa agar tertarik dengan pelajaran IPA ?
2)      bagaimana cara supaya siswa aktif dalam belajar IPA ?

Skenario : topik : bagian-bagian dari tumbuhan
1)      Guru memberi salam, menanyakan keadaan siswa dan mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
a.       anak-anak tadi berangkat kesekolah naik apa ?
b.      waktu berangkat kesekolah siapa yang melihat tanaman ?
2)      Guru membawa 1 tumbuhan, anak-anak diminta memperhatikan tumbuhan yang dipegang oleh guru
3)      Guru menanyakanpertanyaan :
a.       apa yang sedang dipegang oleh guru ?
b.      siapa yang bisa menyebutkan bagian-bagian dari tumbuhan
c.       menanyakan fungsi dari bagian-bagian tumbuhan
4)      berdasarkan jawaban siswa, guru memperkenalkan bagian-bagian dari tumbuhan yang benar dan menyebutkan fungsi dari bagian-bagian tumbuhan tersebut
5)      anak-anak disuruh menggambar sebagus mungkin dengan menggambar tumbuhan dan bagian-bagian dari tumbuhan serta fungsi dari tumbuhan tersebut.

Tindakan dan skenario pembelajaran yang telah anda susun no 1, kemudian kembangkan secara lengkap rencana perbaikan (RPP) untuk pembelajaran IPA yang dikekola oleh Ibu Tuti, sesuai dengan alternatif tindakan yang telah anda kembangkan pada nomor 1.
RPP dapat anda susun dengan menggunakan format RPP yang telah dibahas dalam uraian. Format tersebut dapat diubah sesuai dengan format yang berlaku disekolah anda, misalnya tujuan umum dan tujuan khusus diganti menjadi (1)kompetensi dasar (2) hasil belajar (3) indikator. Namun, format manapun yang digunakan harus ada komponen tujuan perbaikan.
3.      Setelah melakukan analisis dan merumuskan masalah pembelajaran yang terjadi dikelasnya, ibu Ani seorang guru bahasa indonesia di SMP Widuri merencanakan keaktifan dan kemampuan siswa berbahasa lisan.
a.       Orientasi : guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan yaitu bermain peran dalam kelompok, lengkap dengan topik dan peran/tugas masing-masing anggota kelompok.
b.      Persiapan : kelompok menyiapkan tempat bermain dan setiap anggota kelompok mempelajari perannya.
c.       Bermain peran dalam kelompok : setiap kelompok bermain peran sesuai dengan topik yang diberikan. Satu orang anggota bertugas sebagai pengamat dengan menggunakan lembar observasi yang usdah dibahas sebelumnya.
d.      Demonstrasi : salah satu kelompok diminta mendemonstrasikan permainannya di depan kelas dan satu kelompok ditugaskan sebagai pengamat.
e.       Diskusi umum : mendiskusikan apa yang dirasakan oleh siswa, baik pemain maupun penonton. Hasil pengamatan disampaikan dan dibahas bersama-sama.
4.      Seandainya anda akan mengajukan proposal PTK untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa berbahasa lisan dengan rencana perbaikan seperti yang dilakukan Bu Ani, cobalah anda susun judul dan tujuan penlitian yang diajukan dalam proposal.
Judul : meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa berbahasa lisan siswa kelas 3 SMP widuri melalui melalui permainan peran.
Tujuan penelitian :
a.       Mendeskripsikan proses permainan peran dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas 3 SMP.
b.      Menganalisis dampak permainan peran terhadap keaktifan dan kemampuan siswa berbahasa lisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL 4 PTK

PENELITIAN TINDAKAN KELAS MODUL 4 : MELAKSANAKAN PERBAIKAN DALAM PEMBELAJARAN KB 1 : PERBEDAAN PERAN GURU SEBAGAI PENGAJAR DAN PELAKSA...