PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MODUL 3 : MERANCANG PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KB 1 : Langkah – langkah Perencanaan Penelitian Tindakan
Kelas
Nama Mahasiswa : PERMATA LESTARY
NIM :
850097952
Kode Mata Kuliah : IDIK4008
Pokjar :
Lima Kaum
Masa Registrasi : 2018.2
LATIHAN
1.
Pemasalahan
Ibu Siti
a.
Analisis
kasus pembelajaran di atas, kemudian temukan akar penyebab masalah yang
dihadapi oleh Ibu Siti.
Jawab :
·
Apakah
dalam menjelaskan materi, saya menggunakan bahasa yang cukup jelas ?
·
Apakah
saat menjelaskan, saya menggunakan alat bantu ?
·
Mengapa
nilai ulangan siswa kurang bagus ?
·
Apakah
siswa mengerti apa yang dijelaskan oleh
guru ?
·
Apakah
cara guru menerangkan kurang menarik ?
·
Mengapa
siswa tidak bertanya, ketika diberi kesempatan bertanya ?
b.
berdasarkan
hasil analisis pada butir a, rumuskan
masalah PTK, jika Bu Siti akan memperbaiki pembelajarannya melalui PTK
jawab :
Hasil ulangan siswa selalu rendah pada
pelajaran IPA karena siswa mengantuk
dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga, cara guru menerangkan pelajaran
kurang menarik. Guru tidak pernah memeriksa pemahaman siswa.
c.
kembangkan
dua alternatif tindakan perbaikan untuk menjawab masalah PTK yang anda rumuskan
pada butir
jawab :
§
guru
menggunakan pendekatan kontekstual dalam mengajar IPA. Alasannya pendekatan
mengaitkan pelajaran dengan lingkungan anak, menggunakan alat peraga,
mengaktifkan, siswa, dan memberi balikan secara lansung.
§
guru
menjelaskan dengan menggunakan alat peraga, meminta siswa mencari contoh dari
lingkunga sekitar dan memberikan balikan dan penguatan.
2.
Kembangkan
tindakan perbaikan untuk setiap rumusan masalah.
a.
Pak
Diki : Bagaimana cara mengaktifkan siswa, menggunakan alat peraga dan
memberikan balikan pada pekerjaan siswa, agar mampu meningkatkan perhatian dan
hasil belajar siswa kelas 3 dalam pelajaran IPA ? tindakan perbaikan : Guru
mulai kegiatan inti dengan peragaan IPA yang dilakukan oleh siswa bersama guru,
meminta siswa memperhatikan dan mengajak siswa membahas apa yang dilihat serta
memberi penguatan jika ada jawaban atau tindakan siswa yang sesuai dengan
harapan guru.
b.
Pak
Muhana : Bagaimana cara menerapkan langkah-langkah menulis agar dapat
meningktkan keterampilan menulis siswa SMA? Tindakan perbaiakan : Guru memberi
tugas menulis secara bertahap (memilih topik karangan, menulis satu paragraf
pendahuluan dan seterusnya) pada setiap tahap, pekerjaan siswa diberi balikan,
kesalahan umum dibahas bersama, kemudian diikuti dengan perbaikan lansung oleh
siswa.
c.
Ibu
Siti : Bagaimana cara menggunakan alat peraga, berkomunikasi dengan siswa,
memberi balikan dan menggunakan penguatan untuk memotivasi siswa agar tertarik
dengan pelajaran dengan menyapa siswa, tanya jawab sekitar keadaan siswa yang
ada hubungannya dengan topik yang akan disajikan, menggunakan alat peraga
ketika menjelaskan konsep/ rumus baru, meminta siswa ikut meragakan, mengadakan
tanya jawab, memberi penguatan verbal dan nonverbal terhadap siswa yang memberi
respons yang bermakna.
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MODUL 3 : MERANCANG PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KB 2 : Rencana dan Proposal PTK
Nama Mahasiswa : PERMATA LESTARY
NIM :
850097952
Kode Mata Kuliah : IDIK4008
Pokjar :
Lima Kaum
Masa Registrasi : 2018.2
LATIHAN
1. Ibu Tuti, guru kelas 3 SD merasa risau
karena nilai pelajaran IPA anak-anak hanya mencapai rata-rata kelas 5, 1 dari
skala 1-10. Di samping itu, anaka-anak juga tertidur ketika pelajaran IPA
karena Bu Tuti selalu meminta anak-anak membuka buku IPA dan membaca halaman
tertentu. Setelah selesai membaca, anak-anak lansung diminta menjawab
pertanyaan yang ada di buku paket dan kemudian diberi ulangan. Cobalah anda
analisis dan rumuskan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh Ibu Tuti,
kemudian kembangkan alternatif tindakan perbaiakan. Cermati alternatif
tersebut, kemudian susun skenario pembelajaran yang sesuai dengan tindakan
perbaiakan yang telah anda kembangkan.
2. Mencermati alternatif
a.
Menganalisis
Masalah
1) Guru tidak menggunakan alat peraga
sehingga pelajaran menjadi tidak menarik
2) Selama menjelaskan guru tidak ada
bertanya
3) Tidak adanya penjelasan dari guru
4) Cara guru mengajar kurang menarik
b.
Rumusan
masalah
1) Bagaimana cara menggunakan alat peraga,
berkomunikasi dengan siswa, memberi balikan dan menggunakan penguatan untuk
memotivasi siswa agar tertarik dengan pelajaran IPA ?
2) bagaimana cara supaya siswa aktif dalam
belajar IPA ?
Skenario : topik : bagian-bagian dari tumbuhan
1)
Guru
memberi salam, menanyakan keadaan siswa dan mengajukan pertanyaan sebagai
berikut:
a. anak-anak tadi berangkat kesekolah naik
apa ?
b. waktu berangkat kesekolah siapa yang
melihat tanaman ?
2)
Guru
membawa 1 tumbuhan, anak-anak diminta memperhatikan tumbuhan yang dipegang oleh
guru
3)
Guru
menanyakanpertanyaan :
a. apa yang sedang dipegang oleh guru ?
b. siapa yang bisa menyebutkan
bagian-bagian dari tumbuhan
c. menanyakan fungsi dari bagian-bagian
tumbuhan
4)
berdasarkan
jawaban siswa, guru memperkenalkan bagian-bagian dari tumbuhan yang benar dan
menyebutkan fungsi dari bagian-bagian tumbuhan tersebut
5)
anak-anak
disuruh menggambar sebagus mungkin dengan menggambar tumbuhan dan bagian-bagian
dari tumbuhan serta fungsi dari tumbuhan tersebut.
Tindakan dan skenario pembelajaran yang telah anda susun no 1, kemudian
kembangkan secara lengkap rencana perbaikan (RPP) untuk pembelajaran IPA yang
dikekola oleh Ibu Tuti, sesuai dengan alternatif tindakan yang telah anda
kembangkan pada nomor 1.
RPP dapat anda susun dengan menggunakan format RPP yang telah dibahas dalam
uraian. Format tersebut dapat diubah sesuai dengan format yang berlaku
disekolah anda, misalnya tujuan umum dan tujuan khusus diganti menjadi
(1)kompetensi dasar (2) hasil belajar (3) indikator. Namun, format manapun yang
digunakan harus ada komponen tujuan perbaikan.
3. Setelah melakukan analisis dan
merumuskan masalah pembelajaran yang terjadi dikelasnya, ibu Ani seorang guru
bahasa indonesia di SMP Widuri merencanakan keaktifan dan kemampuan siswa
berbahasa lisan.
a.
Orientasi
: guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan yaitu bermain peran dalam
kelompok, lengkap dengan topik dan peran/tugas masing-masing anggota kelompok.
b.
Persiapan
: kelompok menyiapkan tempat bermain dan setiap anggota kelompok mempelajari
perannya.
c.
Bermain
peran dalam kelompok : setiap kelompok bermain peran sesuai dengan topik yang
diberikan. Satu orang anggota bertugas sebagai pengamat dengan menggunakan
lembar observasi yang usdah dibahas sebelumnya.
d.
Demonstrasi
: salah satu kelompok diminta mendemonstrasikan permainannya di depan kelas dan
satu kelompok ditugaskan sebagai pengamat.
e.
Diskusi
umum : mendiskusikan apa yang dirasakan oleh siswa, baik pemain maupun
penonton. Hasil pengamatan disampaikan dan dibahas bersama-sama.
4. Seandainya anda akan mengajukan proposal
PTK untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa berbahasa lisan dengan
rencana perbaikan seperti yang dilakukan Bu Ani, cobalah anda susun judul dan
tujuan penlitian yang diajukan dalam proposal.
Judul : meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa
berbahasa lisan siswa kelas 3 SMP widuri melalui melalui permainan peran.
Tujuan penelitian :
a.
Mendeskripsikan
proses permainan peran dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas 3 SMP.
b.
Menganalisis
dampak permainan peran terhadap keaktifan dan kemampuan siswa berbahasa lisan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar