PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MODUL 2 : LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KB 1 : RENCANA DAN PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Nama Mahasiswa :
PERMATA LESTARY
NIM :
850097952
Kode Mata Kuliah :
IDIK4008
Pokjar :
Lima Kaum
Masa Registrasi :
2018.2
TES FORMATIF
1.
Empat langkah
pokok dalam PTK dengan urutan yang paling benar adalah...
Jawab
:
C (merencanakan, melaksanakan tindakan,
mengamati, refleksi)
2. Untuk
mengidentifikasi masalah, guru perlu melakukan kajian terhadap pembelajaran
yang dikelolanya. Kajian tersebut dapat dilakukan dengan mengajukan berbagai
pertanyaan. Pertanyaan yang tepat untuk maksud tersebut adalah...
Jawab
:
C (dengan siapa saya harus mendiskusikan
masalah ini)
3.
Masalah yang
teridentifikasi kadang-kadang terlampau banyak, sehingga guru harus menentukan
pilihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah yang perlu
ditangani adalah sebagai berikut, kecuali...
Jawab
:
C (ada tidaknya mitra kolaborasi)
4.
Setelah
menetapkan dan menjabarkan masalah, guru perlu mengembangkan cara melakukan
perbaikan atau mengatasi masalah. Untuk mengembangkan cara mengatasi masalah,
guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali...
Jawab
:
B (menyusun langkah-langkah pemecahan
masalah)
5.
Cara pemecahan
masalah yang dipilih haruslah sesuai dengan...
Jawab
:
D (sarana dan fasilitas yang tersedia)
6.
Sebelum
melaksanakan tindakan, guru harus menyiapkan hal-hal berikut, kecuali...
Jawab
:
A (daftar hadir)
7.
Jika sebelum
melakukan tindakan guru tidak menentukan cara mengumpulkan data, dalam
pelaksanaan tindakan kemungkinan besar akan terjadi hal hal berikut, kecuali...
Jawab
:
D (guru tidak memerlukan data)
8.
Ibu Ida seorang
guru SMU sedang asyik berdiskusi dengan teman sejawatnya tentang susahnya
menyampaikan materi Biologi yang penuh dengan istilah Latin kepada siswa. Dia
merasa siswa sangat sukar menghapal istilah asing tersebut. Ia memita pendapat
teman temannya bagaimana cara mengajarkan materi tersebut agar mudah dipahami
oleh siswa. Dilihat dari langkah-langkah PTK, Ibu Ida sedang berada dalam
tahap...
Jawab
:
D (merencaakan perbaikan)
9.
Dalam
melaksanakan tidakan, guru harus memperhatikan beberapa kriteria,
diantaranya...
Jawab
:
B (penelitian jangan sampai mengganggu
komitmen guru sebagai pengajar)
10. Bapak Sutardi mengajar dikelas 2 SLTP Banyuasih. Ia
sedang bermitra dengan seorang guru, temn sejawatnya dalam memperbaiki cara
merespons terhadap jawaban siswa dikelas. Ia sudah merancang berbagai penguatan
untuk jawaban siswa yang baik serta beberapa respons untuk jawaban siswa yang
tidak atau kurang tepat. Ia meminta rekan sejawatnya untuk duduk dikelasnya
serta merekam reaksi siswa ketika guru merespon jawabannya. Jenis reaksi yang
perlu direkam serta cara merekamnya sudah disepakati terlebih dahulu. Ditinjau
dari kriteria pelaksanaan tindakan, kriteria mana yang sedang diterapkan oleh
Bapak Sutardi?
Jawab
:
C (Pengumpulan data jangan sampai menyita waktu guru
terlampau banyak)
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MODUL 2 : LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KB 2 : PENGUMPULAN DAN ANALISIS DATA, SERTA TINDAK LANJUT
Nama Mahasiswa :
PERMATA LESTARY
NIM :
850097952
Kode Mata Kuliah :
IDIK4008
Pokjar :
Lima Kaum
Masa Registrasi :
2018.2
TES FORMATIF
1.
Tahap
observasi-interpretasi berlangsung bersamaan dengan pelaksanaan tindakan. Dalam
kaitan ini, observasi-interpretasi mutlak diperlukan agar guru dapat...
Jawab
:
B (melakukan berbagai penyesuaian)
2.
Idealnya, dalam
PTK guru dapat mengamati atau mengumpulkan data sendiri dari kelasnya, sehingga
yang mengamati dan melakukan interpretasi adalah guru sendiri. Namun,
kadang-kadang guru terlampau repot untuk melakukan itu semua. Untuk mengatasi
hal ini, guru dapat...
Jawab
:
C (menggunakan alat bantu rekaman)
3.
Prinsip dasar
observasi yang berkaitan dengan pemanfaatan hasil observasi adalah prinsip yang
berkaitan dengan...
Jawab
:
D (balikan / feedback)
4.
Ketika melakukan
observasi dikelas Ibu Rina, Bapak Sukoco berusaha bersikap bersahabat, baik
kepada siswa mauun Ibu Rina. Ia masuk kelas dengan mengucapkan salam dan
meminta izin kepada siswa untuk ikut duduk dikelas. Ketika terjadi diskusi
antarsiswa, Bapak Sukoco tidak segera merekan diskusi tersebut, tetapi menunggu
sampai diskusi selesai, kemudian berpikir sejenak untuk menemukan makna
peristiwa yang baru saja diamati. Perilaku pengamat seperti itu merupakan
penerapan dari prinsip observasi yang berkaitan degan...
Jawab
:
D (keterampilan observasi)
5.
Jika seorang guru
ingin mengetahui jumlah siswa yang berhasil dilibatkan secara aktif dalam
member respon terhadap pertanyaan guru, jenis observasi yang paling tepat
digunakan adalah observasi...
Jawab
:
B (terfokus)
6.
Pada pertemuan
pendahuluan atau pertemuan perencanaan, guru dan pengamat dapat menyepakati
hal-hal berikut, kecuali...
Jawab
:
A (jumlah siswa yang akan ikut dalam
pembelajaran)
7.
Selain melalui
observasi, data pembelajaran dapat dikumpulkan melalui cara-cara berikut,
kecuali...
Jawab
:
A (wawancara dengan orang tua)
8.
Analisi data
dilakukan dengan menempuh berbagai langkah, yang pada akhirnya bertujuan
untuk...
Jawab
:
C (memperoleh informasi tentang proses
dan dampak perbaikan)
9.
Melihat hasil
lathan siswa, Ibu Sutari menjadi kaget karena hanya 10 dari 30 orang siswa yang
mengerjakan latihan matematika dengan benar. Ibu Sutari mencoba mengingat-igat
apa yang terjadi ketika Ia menjelaskan penggunaan rumus matematika dalam
memecahkan soal. Ia ingat, ia mencontohkan penggunaan rumus dengan
mengerjakannya sendiri dipapan tulis. Ia kemudian merenung kembali, mengapa ia
tidak meminta siswa mengerjakannya kedepan? Ia ingat pula, siswa yang duduk dideretan
belakang ada yang bermain ketika ia mencontohkan penggunaan rumus dipapan
tulis. Dari segi langkah-langkah PTK, langkah mana yang sedang dihayati oleh
Ibu Sutari?
Jawab
:
C (melakukan refleksi)
10. Perencanaan tindak lanjut, yang merupakan salah satu langkah
dalam siklus PTK, dapat diwujudkan dalam bentuk...
Jawab
:
B (revisi rencana perbaikan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar